Halo sobat jamane komputer, kali ini saya akan sedikit
membahas tentang Menyaring Data (Filter) di dalam Ms. Excel ya, Silahkan sobat
semua membaca uraian di bawah ini:
Filter yaitu proses untuk menyaring data yang sesuai
dengan kriteria yang sudah dipilih dan menyembunyikan data yang tidak sesuai
dengan apa yang diinginkan.
Memakai Autofilter
Untuk memakai autofilter, berikut langkah-langkahnya:
1. |
Klik salah satu sel di dalam database yang sudah dibuat |
|
|
2. |
Kemudian lakukan salah satu saja langkah di bawah ini: |
| - Klik tab Data, grup Sort & Filter, kemudian klik ikon
|
|
- KLik tab Home, grup Editing, kemudian klik pilihan Sort & Filter lalu klik  |
3. |
Dengan melakukan kedua langkah tadi, maka setiap field akan muncul tanda filter  |
4 |
Klik tanda anak panah ke bawah pada field yang diinginkan untuk di sharing, contohnya Jabatan, kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini: |
|
- Klik kotak yang ada pada sebelah kiri Select All untuk menghilangkan seluruh checklist yang terpasaang |
|
- Lalu klik pilihan data yang akan ditampilkan, contohnya klik pilihan Sales, lalu klik OK. |
|
|
5. |
Untuk melihat hasil penyaringan untuk Sales akan tampak seperti gambar di bawah ini: |
|
|
|
Menghapus Filter
|
|
Untuk menghapus Filter, Lakukanlah salah satu langkah berikut ini: |
|
1. Klik tombol filter yang telah dicari filternya. Lalu klik Clear Filter From. |
|
2. Klik tab Data, grup Sort & Filter, klik ikon  |
EmoticonEmoticon