Tuesday, May 9, 2017

Fungsi HLOOKUP di Excel


Halo sobat pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan sesuatu tentang fungsi HLOOKUP di Excel.

HLOOKUP di Excel berfungsi untuk untuk mencari nilai di baris teratas kemudian mengembalikan nilai di  baris yang sama pada  baris di bawahnya

Rumus  =HLOOKUP(lookup value; table array; row index num; range lookup)

Penjelasan:
lookup value    : merupakan bilangan atau string  yang dijadikan sebagai kunci
table array        : daftar atau data yang akan melakukan pencarian data
row index num : nomor kolom yang akan dilakukan pencarian
range look up   : merupakan argumen optional yang dapat diisi ataupun tidak, diisi FALSE atau 0 jika menginginkan pencarian secara tepat. Diisi TRUE atau 1 maka pencarian data terdekat jika data yang dicari dengan tepat tidak ada. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan contoh berikut ini ya....
  1. Buatlah data seperti ini ya sobat

  2. Kemudian buatlah tabel seperti di bawah ini

  3. Selanjutnya membuat formula HLOOKUP
  4. Keterangan:
    =HLOOKUP(H2,B2:F6,2,0)
      H2      = lookup value (kunci utama)
      B2:F6 = table array (data yang akan dicari datanya)
      F6       = row index num (nomor kolom yang akan dicari datanya)
      0         = range look up (argumen untuk pencarian yang tepat)
      Untuk sel I3, I4, I5, I6, J2, J3, J4, J5, J6 dapat diisikan seperti formula di atas tinggal disesuaikan sel kunci dan nomor kolom yang akan dicari datanya. Selamat mencoba ya sobat.


EmoticonEmoticon