Monday, September 5, 2016

Memulai Menjalankan Program Pascal

Halo sobat "JamaneKomputer" kali saya kepengin sharing sedikit nih tentang bagaimana sih cara atau langkah-langkah dalam menjalankan program Pascal?

Untuk langkah awal akan dibuat kode program yang sederhana dulu saja ya...

1. Buka program Pascal punya kawan-kawan deh. Tampilannya seperti di bawah ini:


2. Program Mencoba  yang kita gunakan sebagai contoh program dalam latihan kita kali ini, sudah memakai struktur yang sederhana pada kode pascal. Berikut saya tulis kembali contoh kode tersebut ya kawan-kawan:

program mencoba;
uses crt;
begin
clrscr;
     writeln('selamat mencoba');
     writeln('belajar pascal');
     readln;
end.

Kode program Pascal, diawali dengan program kemudian diikuti dengan judul program yang diinginkan (pada contoh di atas, saya memakai judul mencoba). Seterusnya, kode program dibuka dengan perintah “begin”, dan diakhiri dengan perintah “end.”(perhatikan tanda titik di akhir end). Diantara “begin” dan “end.” disiinilah seluruh kode program pascal berada.

Perintah writeln berfungsi untuk menampilkan teks (output), perintah readln berfungsi untuk menerima masukan (input).  Sedangkan perintah readln pada kode di atas ditambahkan hanya untuk menahan jendela tampilan jendela program ketika di-run. jika kawan-kawan ingin menghapus baris readln; kemudian mencoba men-run kode di atas. Output akan terlihat sebentar saja (tidak sampai 1 detik).

3. Berikut adalah program yang sudah ditulis dalam program Pascal

4. Jika kawan-kawan sudah selesai mengetik program di atas, maka kita dapat melihat hasil (output) dari program tersebut. Klik menu Run kemudian pilih Run (Ctrl+F9).

5. Jika penulisan program di atas tidak terjadi kesalahan maka Pascal akan memberikan hasilnya sebagai berikut:

Demikianlah kawan-kawan semua untuk tulisan saya kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Maap ya jika penulisan saya kurang baik.
Salam dari "Jamane Komputer"

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon