Tuesday, September 6, 2016

Cara Memperbaiki program Pascal apabila terjadi kesalahan Sintax

Halo kawan kawan "JamaneKomputer", dalam membuat sebuah program di Pascal pasti kawan-kawan semua pernah mengalami kesalahan dalam menuliskan source code nya. Apabila hal ini terjadi pasti program tersebut tidak dapat dijalankan sebagai mana mestinya. Jika source code yang dibuat hanya beberapa baris saja ( seperti : Memulai Menjalankan Program Pascal) bisa langsung dapat dilihat kesalahannya dan bisa langsung diperbaiki. Nah bagaimana jika yang ditulis itu source code nya banyak sekali, pasti akan bingung kita dengan melihat satu-satu dari sour code tersebut. Di sini saya sedikit sharing tentang bagaimana cara mengatasi masalah apabila terjadi kesalahan pada source code yang kita tulis.
1. Silahkan kawan-kawan melihat contoh source code sederhana dari program Pascal Memulai Menjalankan Program Pascal

2. Jika source code tersebut ada yang kita ubah, misalnya pada bagian  writeln('selamat mencoba'); dihilangkan tanda petik yang terakhir, sehingga menjadi  writeln('selamat mencoba); . Tampilan program menjadi:


3. Kita coba untuk melalukan proses run dengan memilih menu Run kemudian pilih run, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:

4. Terdapat sebuah kalimat yang berlatar belakang merah "Error 8: String constant exeeds line.". Jika kita tidak tahu maksud dari pesan error tersebut maka hal itu tidak perlu dikuatirkan. Perhatikan saja letak kursor yang ada pada layar program Pascal tersebut. Biasanya jika terdapat suatu kesalahan pada sour code maka kursor akan menempatkan diri pada baris yang salah. Jadi kita tinggal melihat saja pada baris tersebut kira-kira sebelah atau pada bagian mana yang masih kurang.

5. Jika kita sudah mengetahui letak kesalahannya, maka kita bisa langsung menambahkan tanda petik pada bagian tersebut yang masih kurang. Klik lagi menu Run kemudian pilih run, maka program akan berjalan sesuai source code yang sudah dituliskan.

Demikianlah sharing yang bisa saya sampaikan semoga ada manfaatnya. Salam sukses dari kami "JamaneKomputer"  


EmoticonEmoticon